'Senjata' Baru Ilmuwan Hentikan Pemanasan Global

Environment balloon that scientists hope could stop global warming


London – Para ilmuwan berhasil menciptakan 'senjata' baru yang disebut-sebut mampu menghentikan pemanasan global. Apa itu?
Ilmuwan Inggris membuat balon helium seukuran Stadion Wembley yang dikaitkan sebuah kapal yang diterbangkan pada ketinggian 20km. Balon inilah yang akan menjadi 'senjata' untuk menyelamatkan planet ini dari pemanasan global.
Ilmuwan ini menyelidiki apakah pipa air biasa mampu digunakan menembakkan partikel ke atmosfer dan mendinginkan Bumi. Prototip balon ini telah dibuat dan akan diterbangkan bulan depan dari lapangan terbang di Norfolk dalam percobaan GBP 200 ribu (Rp2,8 miliar).
Hopeful: Dr Matt Watson from Bristol University has lead the research

Upaya ini dilakukan guna menyelidiki 'rekayasa geo,' proses kontroversial seputar percobaan manusia memanipulasi iklim. Ide di balik upaya ini adalah, jutaan partikel bahan kimia akan difungsikan seperti cermin dan memantulkan sinar matahari untuk menghentikan pemanasan planet.
Balon ini dibuat ilmuwan di universitas Oxford, Cambridge, Bristol dan Edinburgh. Menurut keterangan mereka seperti dikutip Dailymail, sebanyak 10 balon akan menyebar 10 juta ton bahan kimia itu di stratorfer tiap tahun untuk menurunkan suhu global 2 derajat Celsius dalam dua tahun.





sumber :http://teknologi.inilah.com/read/detail/1775016/senjata-baru-ilmuwan-hentikan-pemanasan-global
 

Arsip Blog

 

Copyright © 2010 • i Star News • Design by Dzignine