7 Bahan Makanan Serba Hitam Yang Menyehatkan

HITAM sering dipandang lebih rendah dari putih. Tapi Jangan coba-coba memakai rumus yang sama terhadap kandungan nutrisi makanan berwaman hitam. Malah, sumber makanan berwarna gelap biasanya mengandung antioksidan lebih tinggi yang sangat ampuh untuk menurunkan risiko diabetes, penyakit Jantung, dan kanker.

"Buah yang berwarna hitam memiliki lebih banyak antioksidan karena makin gelap warnanya, makin tinggi pigmennya yang berasal dari antosianin," kata Cy Lee, PhD, profesor kimia makanan dari Cornell University.
Apa saja "si hitam" yang menyehatkan itu..??


Quote:
1.Beras Hitam
Quote:

Beras merah tak terbantahkan baik untuk kesehatan. Namun beras hitam sebenarnya Jauh lebih baik Lagi karena beras hitam ini mengandung vitamin E dalam Jumlah tinggi. Rutin mengonsumsi beras hitam akan meningkatkan sistem imun tubuh dan melindungi sel dari bahaya radikal bebas. Beras hitam Juga mcngadung antioksidan antosianin lebih tinggi dibanding bluebenies.

Quote:
2.Lentil Hitam
Quote:

Kelompok polong-polongan ini kaya akan zat besi. Satu cangkir black Icntil mengandung 8 mg zat besi, hampir separuh dari asupan harian yang dianjurkan, 18 mg per hari untuk perempuan. Lentil Juga kaya akan serat larut yang bisa menurunkan kolesteroldan meningkatkan fungsi Imun atau kekebalan tubuh.Kacang lentil sangat kaya protein dan serat, dan juga mampu melindungi kita dari serangan kanker payudara. Para peneliti Amerika berhasil membuktikan bahwa bahan makanan yang rendah daging dan karbohidrat, tapi kaya kacang-kacangan mampu menurunkan risiko kanker payudara. Kacang lentil hitam biasa digunakan untuk sup dan salad.Kelompok polong-polongan ini kaya akan zat besi.Satu cangkir black lentil mengandung 8 mg zat besi,hampir separuh dari asupan harian yang dianjurkan,18 mg per hari untuk perempuan.lentil juga kaya akan seratr larut yang bisa menurunkan kolesterol dan meningkatkan fungsi imun atau kekebalan tubuh.

Quote:
3.Blackberries
Quote:

Blackberry buah dikenal mengandung antioksidan polifenol. Sebuah antioksidan polifenol adalah jenis antioksidan yang ditandai oleh adanya beberapa kelompok fungsional phenoll.Pollifenol yang ditemukan dalam buah beri hitam ini diketahui mampu mencegah penurunan fungsi kognitif yang terjadi karena penuaan. Polifenol akan bekerja membersihkan sel-sel yang mengganggu fungsi otak. Buah ini Juga kaya akan serat Dalam kesehatan manusia, senyawa ini berjumlah lebih dari 4.000 spesies yang berbeda, dianggap penting dalam memerangi stres oksidatif, penyakit jantung, dan penyakit kanker.


Penelitian baru menunjukkan bahwa blackberry (juga dikenal sebagai raspberry hitam) mengurangi risiko terserang kanker. Peneliti di Ohio State University menemukan blackberry dapat melindungi seseorang dari serangan kanker kerongkongan.

.
Quote:
4.Kacang Hitam
Quote:


Manfaat kacang hitam bagi kesehatan berasal dari berbagai senyawa yang terkandung di dalamnya. Kacang hitam memiliki kandungan zat antioksidan yang tak kalah dengan buah-buahan. Kandungan antioksidan inilah yang membuat kacang hitam mampu mengurangi risiko penyakit jantung.
Kulit berwarna hitam yang menyelimuti kacang Ini sarat yang kaya akan blofhvonoid, nutrisi dari tanaman yang mampu melawan berbagai penyakit diantaranya diabetes,stroke dan kanker.

Quote:
5.Kedelai Hitam
Quote:
Selama ini kita mengenal Kedelai Kuning. Padahal sesungguhnya, ada kedelai hitam (Black Soya ) dengan "berjuta" khasiat/Manfaat. Tak hanya berguna menjaga kesehatan , melainkan dapat/mampu mengobati berbagai penyakit degneratif yang belakangan banyak mendera masyarakat ( Agrobis)


Pada umumnya kedelai di olah menjadi tahu, tempe, susu kedelai cair dan lainya. Dengan kemajuan teknologi kedelai dapat di olah menjadi kedelai bubuk instan ( diseduh ). Untuk kedelai hitam ( black soya ) pada umumnya digunakan sebagai bahan dasar pembuatan kecap, taucho.

Kedelai hitam mempunyai kandungan protein yang bervariasi antara 37-41 %, serta kandungan lemak 11-21 %. Kandungan asam mino glutamate pada kedelai hitam sedikit lebih tinggi dari pada kedelai kuning, karena itu rasa kedelai hitam lebih gurih di bandingkan kedelai kuning.

Berdasarkan penelitian yang disampaikan oleh para ahli , Kedelai hitam ( Black Soya ) memiliki banyak manfaat antara lain untuk menurunkan berat badan, mengurangi kadar kolesterol LDL, melindungi dari diabetes type 2 bahkan sangat berguna untuk perempuan seperti yang disampaikan oleh Guru Besar Fakultas Pertanian dari Universitas Gadjah Mada Prof Dr Ir Mary Astuti MS.

Quote:
6.Teh Hitam
Quote:

Teh hitam merupakan tipe teh yang paling tersebar luas di seluruh dunia. Teroksidasi secara penuh, teh hitam mengandung kafein 80% lebih kecil dari kafein yang terkandung di dalam secangkir kopi. Manfaat untuk kesehatan yang diberikan oleh teh hitam diantaranya adalah memperkecil resiko sakit jantung karena teh ini mampu mencegah penyerapan kolesterol. Teh hitam juga baik untuk gula darah & darah tinggi, pembengkakan gusi, dan mencegah pembusukan gigi.

India, Sri Langka, Bangladesh, serta negeri tercinta kita, Indonesia, merupakan pengasil teh hitam terbesar di dunia. Hampir 80% dari produksi teh hitam seluruh dunia berasal dari regional ini. Di Cina, teh hitam lebih dikenal dengan nama teh merah.


Quote:
7.Coklat Hitam
Quote:

Coklat pun mempunyai banyak jenis, mulai dari coklat biasa, coklat putih hingga coklat hitam. Dari beberapa jenis tersebut, ternyata ada beberapa Manfaat dan Khasiat Coklat Hitam yang sangat baik untuk tubuh.Penelitian yang dipublikasikan di Journal of the American Medical Association mengungkapkan cokelat hitam mengandung substansi yang disebut polifenol. Dalam ujicoba pada hewan percobaan, polifenol terbukti menurunkan tekanan darah. Cokelat hitam juga dipercaya dapat melindungi tubuh dari serangan jantung dan stroke.
Sumber

Arsip Blog

 

Copyright © 2010 • i Star News • Design by Dzignine