Aneka Mie Khas di Indonesia [100% ngiler]

Langsung aj ne y gan


Quote:
Spoiler for mie koclok:
mie koclok adalah makanan khas kota udang, Cirebon. mie koclok cirebon berisi mie kuning, potongan telor, suiran daging ayam, dan diberi penyedap berupa potongan daun bawang, kol. dan bawang goreng, nah yang bikin beda tu kuahnya.. kuahnya itu berupa santan kental dengan campuran aci dan kaldu ayam, jadi kental-kentalnya mirip cream soup.

Spoiler for mie koclok:
Quote:
Spoiler for mie aceh:
Mie Aceh, satu jenis kuliner yang menggoda dari Aceh, dapat dicicipi dengan 2 cara, yakni digoreng atau direbus alias menggunakan kuah. Untuk rasa bisa memilih sendiri, apakah ingin pedas atau tidak. Sebagai variasi bisa menggunakan kepiting, udang, daging atau seafood. Variasi inilah yang nantinya menentukan nama mienya.

Spoiler for mie aceh:


Quote:
Spoiler for mie kocok Bandung:
Mie kocok itu sejenis mie berkuah panas khas Bandung, dengan tambahan taoge dan daging kaskus atau kulit sapi. Rasanya gurih. Nuansa rasa biasanya diperkaya dengan paduan sambal cabai rawit yang pedasnya nendang. Dhuh, bikin ngiler rasanya.

Spoiler for mie kocok Bandung:
Quote:
Spoiler for mie cakalang:
Manado terkenal dengan makanan hasil lautnya. Tak heran menu mie dari daerah ini pun punya ciri khas sajian ikannya, yaitu ikan cakalang. Hidangan mie yang telah dimasak dengan tuna akan disajikan dengan kuah dan dibubuhi abon cakalang. Jangan lupa, agar rasanya semakin 'Manado', mie dimakan dengan sambel super pedas, yaitu lombok hijau yang dicampur dengan cuka, air dan garam.

Spoiler for mie cakalang:


Quote:
Spoiler for mie celor:
Mie Celor adalah hidangan mi yang disajikan dalam campuran kuah santan dan kaldu ebi (udang kering), dicampurkan taoge dan disajikan bersama irisan telur rebus, ditaburi irisan seledri, daun bawang dan bawang goreng. Hidangan ini berasal dari kota Palembang, Sumatera Selatan, Indonesia, dan bersama dengan Pempek telah menjadi hidangan khas Palembang. Ukuran mi yang digunakan lebih besar, seperti Mie Aceh atau mi Udon Jepang.

Spoiler for mie celor:


Quote:
Spoiler for mie Bangka:
mi Bangka adalah salah satu dari sekian banyak ciri khas masyarakat pulau bangka, terbuat dari mie basah (kuning) biasa yang disiram dengan kuah berbumbu yang biasanya terbuah dari ikan, udang, cumi, atau kepiting. dan seringkali ditambahi dengan toge atau kecambah, mentimun atau timun, dan kerupuk, lezat bila dihidangkan waktu masih panas, dan ditambahi rasa pedas dari cabe.

Spoiler for mie Bangka:
Quote:
Spoiler for mie ongklok:
Mi ongklok (bakmi ongklok) adalah makanan khas Kabupaten Wonosobo berupa mi rebus yang dibuat dengan racikan khusus menggunakan kol, daun kucai, dan kuah yang disebut loh. Paling pas disajikan hangat bersama sate sapi, tempe kemul, serta keripik tahu.

Spoiler for mie ongklok:
Quote:
Spoiler for mie sagu:
mi sagu adalah makanan khas masyarakat Selat Panjang, Pulau Tebing Tinggi, Kab. Bengkalis, Provinsi Riau, Indonesia. Sudah ada sejak dulu sekali, jadi mi sagu jelas adalah mi yang diciptakan oleh Indonesia. mi ini dibuat dari tepung sagu yang diolah dari batang pohon sagu, rasanya kenyal dan enak. dan pohon sagu ini hanya terdapat di Indonesia, seperti daerah maluku, irian jaya, dan riau. tetapi yang daerah yang benar-benar menjadikan sagu sebagai mi adalah Selat Panjang.

Spoiler for mie sagu:
Quote:
Spoiler for mie jawa:
Mie Jawa adalah makanan khas Jawa dari Jogjakarta. Spesifikasinya jelas. Tidak seperti masakan lain pada umumnya. Mie Jawa dimasak dengan menggunakan arang balok kelapa. Penggunaan batok kelapa dilakukan karena beberapa alasan. Selain tak ada abu, aroma mienya juga beda dari mie kebanyakan. Lebih dari itu, panasanya menyengat dan stabil.

Bahan yang dipakai adalah mie telor, ayam kampung betina yang masih muda (kaldu lebih gurih, punya lemak, warna daging lebih bersih, putih, kolesterol rendah, pertumbuhannya alami). Sejumlah persiapan perlu dilakukan. Misalnya, daging ayamnya harus disuir-suir, kol. tomat, daun bawang, dan kekean (tepung terigu dicampur telor). Mie Jawa ini ada bisa direbus, goreng, dan nyemek (kuah sedikit). Sambalnya dari lombok ceklus. Ia dimasak kurang febih lima menit.

Spoiler for mie jawa:



buat agan2 yg nnya mie tek-tek atau mie dok-dok, itu sma aj ma mie jawa ane pernah ngerasain semua yg bkin bda cuma mie rebus yg tek-tek ma dok-dok ada kecapnya kalo jawa engga..
Quote:
Spoiler for lomie:
Mi-nya berwarna kuning, disajikan dengan kangkung, tauge, cacahan daging ayam goreng, pangsit, bakso, rajangan daun bawang, dan bawang goreng. Diguyur dengan kuah kental dengan rasa manis yang dominan. Rasa seafood membuntuti di belakang. Mmmm, sedap, euy!

Spoiler for lomie:


Quote:
Spoiler for mie bakso & mie ayam:
mie bakso dan mie ayam, aduuh yg ini ma ga usah dijelasi lg yah. kayanya semua orang udah tw, obama aja doyan.

Spoiler for mie bakso & mie ayam:


Quote:
Spoiler for mie toprak:
kuah yang selalu seger, mirasa karena bawang putih dan kambangan sekengkel atau Cigur sapi menjadi ciri khas tersendiri

Spoiler for mie toprak:
Quote:
Spoiler for mie khas belitung:
mie khas belitung ini isiannya terdiri dari mie, tauge, irisan kentang rebus, mentimun, udang, irisan tahu, disiram dengan kuah kecap dan diberi beberapa emping. Rasanya ? enak dan manis.

Spoiler for mie khas belitung:


Quote:
Spoiler for mie lethek:
Mie Lethek adalah jenis mie yang berwarna kecoklatan sehingga disebut "lethek" dalam bahasa jawa adalah kotor. Meskipun namanya lethek, makanan ini higienis dan memiliki rasa khas serta proses pembuatan sangat tradisional dan unik.

Spoiler for mie lethek:



Quote:
Spoiler for mie kopyok:
Mie Kopyok atau yang biasa juga disebut Mie Lontong terdiri dari lontong, tauge, tahu pong yang dgoreng dan dipotong kecil-kecil, kerupuk gendar dan tentunya yang paling penting adalah Mie yang disiram dengan kuah bening! Jenis mie yang dipakai adalah mie kuning basah.

Spoiler for mie kopyok:


Quote:
Spoiler for mie medan:
Mi Medan merupakan perpaduan mi kuning berukuran agak besar dengan kuah kental yang terbuat dari dari berbagai rempah, tepung kanji dan udang. Rasa gurih berasal dari rempah dan udang yang tercampur dalam kuah mi. Campuran rasanya tidak berhenti di situ, karena masih ada bahan pelengkap lainnya. Yaitu, tauge, telur bulat, remahan kerupuk dan irisan daun bawang.

Spoiler for mie medan:


Quote:
Spoiler for mie lidi/mie pecel:
Biasanya mi ini jadi temennnya makan lontong sayur atau nasi gurih medan. Bumbunya sederhana banget, bikinnya juga gak ribet, tapi ya itu....lumayan susah nyari "MI" nya. Karena yg dipake jenis mi tertentu namanya "Mi Lidi", rasanya kenyel2, teksturnya gak selembut mie telor yg biasa dipake, diameternya jg agak gede, warnanya kuning atau putih.

Spoiler for mie lidi/mie pecel:
Quote:
Spoiler for rujak mie:
rujak mie terdiri dari Mie kuning, Bihun, Toge, Mentimum, Tahu Goreng, Pempek (ada yg pake ada yg g), Kacang Tanah Goreng, Ebi halus / Abon Ebi, Cuko empek-empek

Spoiler for rujak mie:


Quote:
Spoiler for mie juhi/rujak juhi:
mie juhi Juhi adalah irisan cumi asin yang ditambahkan pada rujak. Rujak juhi adalah makanan khas Betawi. Berbeda dengan rujak buah, rujak juhi menggunakan bahan utama mie basah. Pelengkapnya selain juhi adalah kentang, tahu, ketimun, daun selada, dan kerupuk sagu. Adapun bumbunya terdiri dari campuran kacang tanah, cabe, cuka, gula, air, kecap manis, bawang putih dan garam.

Spoiler for mie juhi/rujak juhi:


Quote:
Spoiler for mie kering makasar:
Mie Kering di Makassar mulai popular sejak tahun 70-an. Diawali oleh seorang keturunan Tionghoa bernama Ang Kho Tjao, yang kemudian menurunkan pengetahuan memasak mie kering kepada tiga orang anaknya yaitu Hengky, Awa dan Titi. Setelah Ang Kho Tjao meninggal dunia, usaha kedai mie kering dilanjutkan oleh ketiga anaknya yang masing-masing membuka kedai sendiri. Yang cukup popular di Makassar adalah kedai milik Titi, sehingga nama mie kering ini selalu diidentikan menjadi "Mie Titi".

Spoiler for mie kering makasar:


Quote:
Spoiler for mie kodon:
Mi yang satu ini memang salah satu favorit warga Lampung. Keistimewaannya adalah minya besar-besar dan dimasak bersama irisan kol, sawi, suiran ayam kampung, dan udang ebi. Racikan bumbunya yang manis gurih membuatnya selalu disukai dan bikin kangen.

Spoiler for mie kodon:
Quote:
Spoiler for mie rebus udang sungai khas langkat:
mie rebus mantab yang diberi udang sungai yang lumayan besar

Spoiler for mie rebus udang sungai khas langkat:
Quote:
Spoiler for soto mie:
masakan yang satu ini banyak bgt ragamnya, pokonya tetap mantab gan

Spoiler for soto mie:




 
 Ada yang mau nambahin gan???


http://www.kaskus.us/showthread.php?t=6735367

Arsip Blog

 

Copyright © 2010 • i Star News • Design by Dzignine