Bagaimana Cara Mengatasi Kebotakan? Bagaimana Cara Mengatasi Kebotakan?


Siapa yang tidak mau memiliki rambut yang indah berkilau serta sehat. Berbagai cara telah dilakukan dari menggunakan bermacam-macam shampo sampai menggunakan vitamin untuk kulit kepala namun hasil yang diharapkan tidak kunjung tiba. Rambut tetap saja kering, kusam dan juga rontok. Jumlah normal untuk kerontokan rambut adalah sekitar 100 helai perharinya, tapi akan segera tumbuh lagi pada folikel yang sama. Bila jumlah rambut yang rontok lebih dari itu, maka akan berpotensi menyebabkan kebotakan. Berbagai hal dapat menyebabkan rambut tidak bisa tumbuh lagi sehingga menyebabkan kebotakan.


Penyebab kebotakan antara lain faktor keturunan. Penelitian membuktikan bahwa 95% kebotakan merupakan faktor keturunan. Selain itu dapat pula disebabkan stress, usia, penyakit seperti diabetes atau lupus, gangguan kulit kepala, ketidak seimbangan hormonal seperti saat hamil dan menyusui, terkena bahan kimia, nutrisi yang kurang, pola makan yang salah, dan kelainan mental seperti trikotilomania yaitu orang yang suka mencabuti rambut sendiri.

Sayang, sampai saat ini belum ada pengobatan yang benar-benar efektif untuk mengatasi kebotakan. Walaupun begitu, sejumlah obat telah diakui oleh FDA (biro pengawasan obat dan makanan AS) dapat menghambat kerontokan rambut. Obat itu antara lain Minoxidril dan Finasteride. Namun, anda tidak bisa melihat hasilnya secara spontan. Butuh waktu beberapa bulan sebelum hasil kemajuannya bisa terlihat. Pengobatan ini harus dilakukan secara kontinyu dan begitu dihentikan maka pertumbuhan rambut baru akan terhenti.

Selain itu, operasi penanaman rambut juga memberikan hasil yang cukup memuaskan, walaupun memerlukan biaya yang tidak sedikit. Untuk mendapatkan rambut yang tebal, sehat dan indah, nutrisi yang cukup sangat diperlukan. Karena rambut terbuat dari protein, maka makanan yang mengandung protein amat penting untuk kesehatan rambut. Anda bisa mendapatkan protein dari susu, kedelai, telur, daging dan ikan.

Berikut ini adalah beberapa tips yang berguna untuk mencegah kebotakan, namun tidak bisa menolong jika penyebab utama seperti penyakit atau stress tidak dihilangkan terlebih dahulu;

- Kurangi atau hentikan merokok. Penelitian menunjukkan merokok dapat meningkatkan kerontokan rambut.
- Makan menu makanan yang sehat dan seimbang serta tidur yang cukup.
- Pijat-pijat kulit kepala setiap kali habis keramas. Ini akan mengaktifkan kelenjar minyak dan memperlancar perdaran darah di kulit kepala sehingga rambut menjadi sehat.



- Singkirkan stress dari gaya hidup anda.
- Perlakukan rambut anda dengan baik, hindari cara menyisir atau merawat rambut yang salah dan berlebihan.



Yang paling penting adalah jangan sampai kebotakan ini mengganggu rasa percaya diri Anda. Banyak orang yang terkenal seksi karena kebotakannya, seperti aktor Bruce Willis atau Dedy Corbuzier yang telah mengalami kebotakan. Jadi, tergantung dari mana Anda melihatnya, dari sisi positifnya, atau dari sisi negatifnya. So yang sudah terlanjur botak ga usah minder gan banyak cewek yang suka dengan cowok botak karena terlihat seksi





sumber :http://www.kaskus.us/showthread.php?t=5536598

Arsip Blog

 

Copyright © 2010 • i Star News • Design by Dzignine