Inilah Nama Jalan Yang Dihuni Para Konglomerat Dunia

Banyak orang bermimpi bisa tinggal di lingkungan elite, bertetangga dengan para selebritas dan konglomerat kakap. Namun, jangan berharap Anda bisa tinggal di daerah paling prestisius di seantero Inggris. Bahkan, selebritas tanggung, bankir, atau pemenang lotere pun belum tentu mampu membeli rumah di sana.

Nama jalannya adalah Kensington Palace Gardens. Ini merupakan jalan termahal di Negeri Tiga Singa itu. Menurut survei yang dilakukan perusahaan properti Zoopla, harga rumah di jalan ini rata-rata Rp 269 miliar atau 93 kali ketimbang harga rata-rata rumah di Inggris. Jika dipatok, harga trotoarnya yang seluas satu meter saja Rp 16,75 juta.

Meroketnya harga rumah di jalan itu ditopang oleh keberadaan Istana Kensington yang berada di sebelah timur Jalan Kensington Palace Gardens. Istana ini pernah menjadi kediaman mendiang Putri Diana, istri pertama Pangeran Charles.

Alhasil, jangan heran jika jalan ini dihuni para konglomerat kelas dunia. Sebut saja Lakshmi Mittal, pengusaha baja keturunan India dengan harta Rp 334,19 triliun. Ia memiliki dua rumah di sana, satu seharga Rp 800 miliar yang dibeli pada 2004 dari bos Formula Satu Bernie Ecclestone dan rumah termahal di jalan itu senilai Rp 1,6 triliun.

Pemilik klub Liga Inggris, Chelsea, Roman Abramovich, Sultan Hasanal Bolkiah, dan Madonna, termasuk pesohor yang mempunyai rumah di jantung ibu kota Inggris itu. Anggota keluarga kerajaan Arab Saudi juga memiliki sebuah tempat tetirah di jalan ini.

Selain itu, di Kensington Palace Gardens juga terdapat sejumlah kedutaan besar asing, termasuk Israel dan Rusia. Alhasil, rumah milik konglomerat dan sebuah istana di jalan itu juga dijaga ketat di dua ujung jalan itu.

Secara keseluruhan, terdapat 5.922 jalan dengan harga rumah rata-rata di atas Rp 14 miliar. Sebanyak 2.290 jalan berada di London. "Sebuah rumah di jalan paling ekslusif di Inggris itu (Kensington Palace Gardens) tentu saja jauh dari jangkauan semua orang, kecuali orang yang benar-benar kaya," kata Nick Leeming dari Zoopla.

Arsip Blog

 

Copyright © 2010 • i Star News • Design by Dzignine